Air Putih

Budayakan Hidup Sehat karena Sehat adalah Gaya Hidup

Wanita Shalihah….gimana sih cirinya?? by AA Gym

Posted by drfatnan pada Desember 19, 2007

kartun jilbabbdo’alah..Shalihah atau tidaknya seorang wanita bergantung ketaatannya pada aturan-aturan Allah. Aturan-aturan tersebut berlaku universal, bukan saja bagi wanita yang sudah menikah, tapi juga bagi remaja putri. Mulialah wanita shalihah. Di dunia, ia akan menjadi cahaya bagi keluarganya dan berperan melahirkan generasi dambaan. Jika ia wafat, Allah akan menjadikannya bidadari di surga. Kemuliaan wanita shalihah digambarkan Rasulullah Saw. dalam sabdanya, “Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah”. (HR. Muslim). Dalam Al-Quran surat An-Nur: 30-31, Allah Swt. memberikan gambaran wanita shalihah sebagai wanita yang senantiasa mampu menjaga pandangannya. Ia selalu taat kepada Allah dan Rasul Nya. Make up- nya adalah basuhan air wudhu. Lipstiknya adalah dzikir kepada Allah. Celak matanya adalah memperbanyak bacaan Al-Quran. Wanita shalihah sangat memperhatikan kualitas kata-katanya. Tidak ada dalam sejarahnya seorang wanita shalihah centil, suka jingkrak-jingkrak, dan menjerit-jerit saat mendapatkan kesenangan. Ia akan sangat menjaga setiap tutur katanya agar bernilai bagaikan untaian intan yang penuh makna dan bermutu tinggi. Dia sadar betul bahwa kemuliaannya bersumber dari kemampuannya menjaga diri (iffah). Wanita shalihah itu murah senyum. Baginya, senyum adalah shadaqah. Namun, senyumnya tetap proporsional. Tidak setiap laki-laki yang dijumpainya diberikan senyuman manis. Senyumnya adalah senyum ibadah yang ikhlas dan tidak menimbulkan fitnah bagi orang lain. Wanita shalihah juga pintar dalam bergaul.

Dengan pergaulan itu, ilmunya akan terus bertambah. Ia akan selalu mengambil hikmah dari orang-orang yang ia temui. Kedekatannya kepada Allah semakin baik dan akan berbuah kebaikan bagi dirinya maupun orang lain. Ia juga selalu menjaga akhlaknya. Salah satu ciri bahwa imannya kuat adalah kemampuannya memelihara rasa malu. Dengan adanya rasa malu, segala tutur kata dan tindak tanduknya selalu terkontrol. Ia tidak akan berbuat sesuatu yang menyimpang dari bimbingan Al-Quran dan Sunnah. Ia sadar bahwa semakin kurang iman seseorang, makin kurang rasa malunya. Semakin kurang rasa malunya, makin buruk kualitas akhlaknya. Pada prinsipnya, wanita shalihah adalah wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Rambu-rambu kemuliaannya bukan dari aneka aksesoris yang ia gunakan. Justru ia selalu menjaga kecantikan dirinya agar tidak menjadi fitnah bagi orang lain. Kecantikan satu saat bisa jadi anugerah yang bernilai. Tapi jika tidak hati-hati, kecantikan bisa jadi sumber masalah yang akan menyulitkan pemiliknya sendiri. Saat mendapat keterbatasan fisik pada dirinya, wanita shalihah tidak akan pernah merasa kecewa dan sakit hati. Ia yakin bahwa kekecewaan adalah bagian dari sikap kufur nikmat. Dia tidak akan merasa minder dengan keterbatasannya. Pribadinya begitu indah sehingga make up apa pun yang dipakainya akan memancarkan cahaya kemuliaan. Bahkan, kalaupun ia “polos” tanpa make up sedikit pun, kecantikan jiwanya akan tetap terpancar dan menyejukkan hati orang-orang di sekitarnya. Jika ingin menjadi wanita shalihah, maka belajarlah dari lingkungan sekitar dan orang-orang yang kita temui. Ambil ilmunya dari mereka. Bahkan kita bisa mencontoh istri-istri Rasulullah Saw. seperti Aisyah. Ia terkenal dengan kekuatan pikirannya. Seorang istri seperti beliau bisa dijadikan gudang ilmu bagi suami dan anak-anak. Contoh pula Siti Khadijah, figur istri shalihah penentram batin, pendukung setia, dan penguat semangat suami dalam berjuang di jalan Allah Swt. Beliau berkorban harta, kedudukan, dan dirinya demi membela perjuangan Rasulullah. Begitu kuatnya kesan keshalihahan Khadijah, hingga nama beliau banyak disebut-sebut oleh Rasulullah walau Khadijah sendiri sudah meninggal. Bisa jadi wanita shalihah muncul dari sebab keturunan.

Seorang pelajar yang baik akhlak dan tutur katanya, bisa jadi gambaran seorang ibu yang mendidiknya menjadi manusia berakhlak. Sulit membayangkan, seorang wanita shalihah ujug-ujug muncul tanpa didahului sebuah proses. Di sini, faktor keturunan memainkan peran. Begitu pun dengan pola pendidikan, lingkungan, keteladanan, dan lain-lain. Apa yang tampak, bisa menjadi gambaran bagi sesuatu yang tersembunyi. Banyak wanita bisa sukses. Namun tidak semua bisa shalihah. Shalihah atau tidaknya seorang wanita bergantung ketaatannya pada aturan-aturan Allah. Aturan-aturan tersebut berlaku universal, bukan saja bagi wanita yang sudah menikah, tapi juga bagi remaja putri. Tidak akan rugi jika seorang remaja putri menjaga sikapnya saat mereka berinteraksi dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Bertemanlah dengan orang-orang yang akan menambah kualitas ilmu, amal, dan ibadah kita. Ada sebuah ungkapan mengatakan, “Jika kita ingin mengenal pribadi seseorang maka lihatlah teman-teman di sekelilingnya.” Peran wanita shalihah sangat besar dalam keluarga, bahkan negara. Kita pernah mendengar bahwa di belakang seorang pemimpin yang sukses ada seorang wanita yang sangat hebat. Jika wanita shalihah ada di belakang para lelaki di dunia ini, maka berapa banyak kesuksesan yang akan diraih. Selama ini, wanita hanya ditempatkan sebagai pelengkap saja, yaitu hanya mendukung dari belakang, tanpa peran tertentu yang serius. Wanita adalah tiang Negara. Bayangkanlah, jika tiang penopang bangunan itu rapuh, maka sudah pasti bangunannya akan roboh dan rata dengan tanah. Tidak akan ada lagi yang tersisa kecuali puing-puing yang nilainya tidak seberapa. Kita tinggal memilih, apakah akan menjadi tiang yang kuat atau tiang yang rapuh? Jika ingin menjadi tiang yang kuat, kaum wanita harus terus berusaha menjadi wanita shalihah dengan mencontoh pribadi istri-istri Rasulullah. Dengan terus berusaha menjaga kehormatan diri dan keluarga serta memelihara farji-nya, maka pesona wanita shalihah akan melekat pada diri kaum wanita kita.

38 Tanggapan to “Wanita Shalihah….gimana sih cirinya?? by AA Gym”

  1. candra putri said

    afwan,,,!
    aq mw copy artikelny boleh khan??
    🙂

  2. drfatnan said

    @Candra Putri :
    Silahkan ukhti..TAfadhol🙂

  3. momon said

    numpang copy gambarnya yaa. terima kasih banyak

  4. Fitri said

    afwan ngikut yang laen! Copy jga akh..

  5. Tania said

    Setelah aq baca artikel ini, hatiku jd tersentuh..Trima ksh ya, km udah mengingatkanku..Dan sepertinya km tdk berubah,msh tetap seperti dulu..;-)…i like it

  6. Neng_Desny said

    Assalamualaikum…

    Nice Blogs…

    Ditunggu karya selanjutnya ya??

    menulis terus… ganbatte kudasai..

  7. @na said

    assalamualaikum,

    izin ngopy karakter kartunnya buat dipajang di blogku ya akh…

  8. Nopian said

    asslamlkm…
    izin jg utk copy artikelnya y…
    jzk,wass…

  9. siti sarah said

    Askum Akh….afwan,boleh saya copy artikel-y?…its a good essay^_^

  10. Sitti Hamsina said

    Masya Allah bahasa kalbu yang begitu indah N bisa menjadi penyejuk jiwa setiap insan yang membacanya, hatiku tersentuh. Mampukah aku menjadi seperti itu………?????????Insya Allah!
    Qt sadar tak ada manusia yang bisa sempurna, namun mendekati sempurna Insya Allah anda bisa. Bisaaaaaaaaaaaa

  11. Sitti Hamsina said

    Af1! gambar kartunx diperbanyak N klw bisa diwarnain biar lebih menarik N saya bisa ngopy karakter kartunnya. Boleh kn?????

  12. anisah said

    wancana segar perlu di tambah ? ? ?

  13. fathiah said

    af1, mw copy y

  14. Agussalim said

    Assalamu Alaikum, Subuhanallah, mudah-mudahan artikel ini bisa jadi pelajaran bagi setiap wanita yg membacanya dan menjadikan pelajaran bagi diriny sendiri. Amiiiin

  15. Lilianti said

    Tetap istiqomah…

  16. ukhibufillah said

    subhanallah….. indah sekali artikelnya….

  17. laela nadzifah said

    Assalamualaikum…

    Afwan sebelumnya Kang..mau izin minta gambarnya buat di copy..

    jazakumullah khairan kastiron..

    wassalam..

  18. wiwik sunarni said

    Assalamu’alaikum..mohon izinnya untuk mengcopy artikelnya juga ya..syukron..

  19. mira said

    artikelx menyentuh banget… boleh nggak ku simpan di blog ku maklum saya jg baru mulai bukablog jdbelum terpikirkan mau diisi dg apa, skalian gambarnya ya…..

  20. ratna said

    assalamualaikum… mohon izin mengcopy artikel dan gambatnya ya.. artikelnya bagus..

  21. evy02 said

    Assalamualaikum..

    Membacanya tulisan di atas membuat lebih bersemangat utk terus belajar menuju wanita yg shaleh. Mohon izin-nya utk men-sharing dgn teman2 yg lain, ya pak.. Sebelumnya salam kenal.. Jazakallah

    • drfatnan said

      Wa’alaikumsalamwrwb..
      silakan..semoga bisa membuat dakwah ini semakin subur..karena dunia ini merindukan hadirnya para wanita solehah..
      Wa iyyaka..silakan uhkti..

  22. assalamualaikum
    esti ingin skli jdi wanita shalihah..emmm klw bs esti pingin dikrmkn ke FB esti ilmu tentang qalbu..aa gym

  23. akbar said

    asslmkm wr.wb mohon ijin mengcopy artikelnya ya………

  24. aldy said

    asslamualaekum ?
    izin mengcopy artikelnya ya a’?

  25. suci said

    izin copy

  26. herny said

    aslmkm.. artikel yg bgz.. dtunggu artikel selanjutnya…

  27. zemy said

    q mu ngopi ywa

  28. awy said

    asli artikelnya bagus bngt,..
    saya tunggu artikel selanjutnya,…..
    saya akan berusaha dengan ikhlas untuk menjadi wanita shalihah..
    doa kan saya yah

  29. Nano said

    Subhanallah..sy jd termotivasi meningkatkan ibdah sy lg kk🙂
    Oia izin share ya..makasii makasii🙂

  30. […] https://drfatnan.wordpress.com/2007/12/19/wanita-shalihah/ […]

  31. th4yyib said

    assalammualaikum,..
    ijin ngopy ya anti,..
    ana suka tulisan anti,.. hhe

  32. neny said

    afwan izin copy artikelx…

  33. djenk said

    Assalamu’alaykum wa rahmatullah…
    maaf, saya izin mengcopy artikelnya…

  34. ijin share y… makasi sblumnya ^-^

  35. ukhti sayu said

    bismillah…
    afwan copy y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: