Air Putih

Budayakan Hidup Sehat karena Sehat adalah Gaya Hidup

Euro 2008 siapa ya yang juara??

Posted by drfatnan pada Juni 21, 2008

Logo Euro 2008Hmm…Demam sepakbola melanda bangsa ini. Cukup meriah lah, sampai sedikit menutupi sulitnya hidup akibat kenaikan BBM yang mencapai 30 %, tingginya harga pangan hingga persoalan Ahmadiyah.

Ya, EURO 2008 menyita perhatian publik lewat aksi2 spektakuler nan menawan yang diperagakan para jagoan bola di daratan Eropa selama lebih dari 15 hari. Kita seolah – olah ikut merasakan atmosfer yang terjadi di Austria dan Swiss. Negara yang kecil (krn tdk sebesar negara kita) cukup sukses menyelenggarakan event 4 tahunan ini, dengan begitu mewah dan sungguh menakjubkan.

Banyak kejutan yang terjadi di turnamen ini, tim2 unggulan tumbang dengan mengenaskan di tangan tim underdog. Kejutan ini sudah mulai sejak babak kualifikasi. Inggris, menjadi pecundang sejak divonis tidak lolos babak kualifikasi, padahal kita tahu banyak pemain2 top di liga inggris yang kalau ngomong2 soal skill dan gaji sudah tidak diragukan lagi. Ambil contoh frank lampard, yang (akan) mendapat tawaran gaji baru untuk perpanjangan kontraknya mencapai 2,5 Miliar rupiah PER MINGGU!!!! Lampard hanya salah satu contoh, belum lagi Steven Gerrard, Bechkam dan Rooney yang gajinya sudah duluan Selangit. Jadi ternyata kesimpulannya, gaji dan skill pemain dalam urusan sepak bola, bukanlah faktor utama sebuah tim bisa juara. Faktor utama adalah kerja sama tim. Ya, kerja sama timlah yang menjadikan korea selatan bisa mengalahkan Italia di piala dunia 2006. Kerja sama tim juga yang mengantarkan Yunani (saat itu sebagai under dog) bisa menjadi Kampiun EURO 2004.

BEndera PerancisKita lihat lagi fakta di lapangan sekarang bahwa tim sebesar Perancis, hanya mampu bermain imbang dengan Rumania, dan Dipermak habis Belanda dengan skor telak 4-1. Sungguh memalukan bagi mantan juara dunia 1998 dan juara Eropa 2000, yang pada awal turnamen menjadi tim favorit juara EURO 2008. Kurang apa sih di di tim Perancis?? Line up pemainnya saja sudah bikin takut lawan. Ternyata terjawab lewat sebuah wawancara dengan Frank Ribery, kalau Tim Perancis merindukan kehadiran sang Maestro sepak bola Zinedine “zizou” Zidane. Nah, mas Zidane inilah yang mereka anggap sungguh mengayomi dan menstabilkan keadaan tim saat di posisi tertekan. Cuma, kasus dengan Bang Materazzi lewat heading mautnya sedikit mencoreng reputasinya di akhir pensiunnya. Yang salah siapa ya?? Kita ambil hikmahnya sajalah. Tapi, dari Pernyataan Pakdhe Frank Ribery, bahwa tim Perancis lagi mengalami Sindroma Krisis kepemimpinan yang akut! Harus ada yang menggantikan mas Zidane. Kalau tidak, jangan kaget kalau Tim Perancis ke depanya hanya sebagai tim Kuda Hitam saja. Kita tunggu lahirnya Pemimpin baru Timnas Perancis ya!

Kembali ke Lap Top!!

Ok, sahabatku, Ngomong2 tentang siapa yang juara EURO tahun ini, agaknya kalau memprediksi sulit banget. Jagoanku, Portugal aja udah kalah secara dramatis lawan Jerman kemarin dengan skor 3-2. TInggal Turki (menang lawan Kroasia), Jerman, pemenang Italia lawan Spanyol, dan Belanda vs Rusia. Menurutku Jerman masih terlalu tangguh untuk yang lain, ingat, Jerman tuh spesialis turnamen Besar. Tapi, kalau Spanyol bisa mempertahankan ritme permainannya, aku yakin, tim manapun akan dilumat oleh spanyol. Walaupun kalau melihat fakta dan track record tim spanyol, sungguh mengenaskan kalau melawan tim besar. Bahkan belum pernah sekalipun dalam 20 tahun terakhir, spanyol menang melawan Italia. Tapi Bola adalah Bundar Bung!! siapapun bisa menjadi juara asalkan syarat yang utama yaitu kerja sama tim dengan indah bisa diperagakan plus Keberuntungan (of course).

Bendera SpanyolJadi, kalau David Villa dan Fernando Torres bisa membabi buta di depan gawang lawan, bisa jadi Luis Aragoenes akan tersenyum lebar menenteng piala Kampiun eropa tahun ini. Kalau pembaca sendiri gimana analisanya??

Yang jelas, Tahun ini bisa jadi milik Spanyol!! Viva Spanyol!!!

–sstt…kalaupun salah..kita kan hanya memperkirakan, betul? ^_^–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: